Kamis, 26 Juli 2018

Resensi Buku Novel The Partner



Bagi kalian yang punya tugas me-resensi buku novel saya ada satu nih, silahkan comot saja.



Identitas Buku
Judul Buku : The Partner
Pengarang Buku : John Grisham
Penerbit Buku : PT Gramedia Pustaka Utama
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 1997
Tebal Buku : 592 Halaman
Jenis : Buku Fiksi


Sinopsis Novel The Partner
The Partner adalah sebuah Novel karangan John Grisham. Danilo Silva, ia tinggal di kota kecil Brasil dengan aman dan tentram menurut penglihatannya, tetapi ia tidak tahu bahwa ia terus dimata-matai tak henti hentinya. Walaupun ia memiliki harta kekayaan yang berlimpah tapi ia hidup sederhana di kota kecil itu, sampai saat itu tiba dia terpaksa mengingat kembali masa lalunya saat ia bernama Patrick Lanigan.
Empat tahun sebelumnya ia bernama Patrick Lanigan Partner muda di biro hukum terkenal di Biloxi. Ia mempunyai istri cantik, satu anak perempuan dan masa depan yang cerah. Tetapi Patrick terjebak dalam kebakaran mobil di suatu malam yang sepi dan menemui ajal dengan mengerikan. Ketika ia dikuburkan, peti matinya hanya berisi abunya.
Dari jarak dekat dari pemakaman itu, Patrick menyaksikan dirinya dikuburkan. Kemudia ia menghilang dengan meninggalkan jejak yang membuat beberapa orang mengalami kerugian. Enam minggu sesudahnya, biro hukum bekas tempatnya bekerja dulu kehilangan kekayaan dari rekening di luar negeri. Dan Patrick tentunya sudah menghilang.
Dengan beberapa sentuhan operasi pelastik Patrick Lanigan berubah menjadi Danilo Silva, hidup damai dikelilingi 20 juta orang di Sao Paolo, Brasil, tempat itu cocok untuk menghilang. Banyak masalah bermunculan saat ia pergi, istri nya Trudy yang ia cintai hidup dalama kemewahan saat ia pergi, Trudy menghabbiskan waktunya dengan laki laki bernama Lance, teman nya semasa SMA.
Aplagi dengan ditambah masalah bahwa Ashley Nicole, anak nya Patrick ternyata bukan anak ia yang sesungguhnya, melalui test DNA ternyata Lance lah Bapak biologis dari Ashley Nicole. Tetapi Patrick menghilang tidak seperti orang biasa menghilang, ia masih memikirkan sesuatu yang dimana ia tidak bisa kalah.
Stephano dibayar untuk mencari orang yang bernama Patrick Lanigan, tentunya tidak ada orang yang bernama seperti itu di Sao Paolo, Brasil, Tetapi mereka menemukannya, lalu Danilo silva mengalami hal yang mengerikan yang siapapun tidak ingin mengalami hal tersebut, tetapi ia bertahan dengan sebuah rencana, karena semua sudah ditentukan dari awal.
Semua berakhir di persidangan dimana uang hilang itu diungkit ungkit terus menerus seakan akan hidup mereka hanya untuk mencari uang tersebut, itu dikarenakan Patrick lah yang mencuri uang 90 juta US Dollar.




Tema
         
Tema yang tersirat dalam novel ini adalah sebuah pencarian orang hilang dan berbagai konflik saat orang hilang tersebut ditemukan. Perjuangan seseorang untuk berjuang dengan keadilan yang ia rasa bahwa hal yang dilakukannya benar walaupun itu harus mencuri, tetapi ia seperti melempar 2 burung menggunakan 1 batu, ia mencuri uang tapi ia tidak bersalah. Dan ia sangat memimpikan hidup tenang dengan kesederhanaan walaupun hartanya berlimpah.
Kelebihan Novel The Partner
         
Alur cerita penuh kejutan dan banyak sekali konflik, dengan ending yang mengganggu sekaligus menghibur. Novel ini sangat terstruktur dan detail sekali dan menurut saya  saat anda membaca novel ini jangan sampai anda lewatkan satu hari pun tanpa membaca novel ini. Novel ini sangat sangat membuat penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya dalam setiap ceritanya. Setiap Peristiwa dan konfliknya mengalir ke cabang cabang lain yang semakin rumit.
            Tokoh utama digambarkan sangat cerdas terutama dalam membuat rencana, dalam semua rencana tentu pasti ada beberapa hal yang gagal. Ketidaksempurnaan tokoh utama yang sedemikian rupa mengalami hal yang rumit dipertemukan dengan ending yang agak sedikit kurang tapi itu membuat saya sangat puas. Itu karena wanita yang sangat ia cintai nya mengikuti jejaknya seperti ia dulu bernama Danilo Silva.
Kekurangan Novel The Partner
         
Sebetulnya ini bukan kekurangan, namun ini adalah kritik dari saya, novel ini harus dibaca dengan wawasan yang luas terutama dalam bidang hukum. Untuk anak anak kurang cocok membaca novel ini menurut saya. Karena novel ini harus menggunakan pemikiran yang kritis. Walaupun menurut saya pribadi kertas yang digunakan dalam buku The Partner membuat saya mengantuk, tapi saya sangat suka cerita karangan John Grisham ini.

Created by: Mochamad Kujang Fredy Ananda

Flag Counter

1 komentar: